Apa Itu Transaksi Menurut Proses Akuntansi?

Share :

Pertanyaan:

D-Lead yth.,

Apa yang dimaksud dengan transaksi menurut proses akuntansi?

(Pertanyaan dari Devina Nuzlia, Fakultas Hukum Universitas Trisakti)

Jawaban:

Apabila berbicara tentang transaksi, maka perlu untuk diketahui bahwa transaksi menurut proses akuntansi adalah suatu peristiwa atau tindakan perusahaan yang mengakibatkan terjadinya perubahan dalam struktur asset, liabilities dan/atau equity, dimana di dalamnya dikenal 2 (dua) jenis transaksi, yaitu:

  1. Transaksi usaha (business transaction), yaitu transaksi antara perusahaan dengan pihak lain (outsiders). 
  2. Transaksi internal (internal transaction), pemindahan biaya dalam suatu perusahaan, misalnya proses produksi (pemindahan bahan/persediaan pembebanan upah dan pembiayaan overhead)

Dalam pencatatan transaksi, selalu dilakukan identifikasi pengaruh transaksi tersebut terhadap asset, liabilities dan/atau equity. Identifikasi ini mengacu kepada prinsip Basic Accounting Equation, yaitu: 

Asset = Liabilities + Owner’s Equity

Dalam proses akuntansi, dilakukan identifikasi dampak setiap transaksi terhadap asset, liabilities dan equity tersebut, dalam bentuk mekanisme pendebitan (D0 dan pengkreditan (K).

Setiap unsur asset, liabilities dan equity dirinci dalam tiap account” secara individual. Kumpulan dari account inilah yang disebut sebagai “General Ledgers”. Untuk account atas unsur asset, liabilities dan equity tertentu (misalnya piutang usaha, persediaan dan hutang dagang), diperlukan catatan rincian lebih lanjut, yang dibuat per individu (nama atau jenis barang). Kumpulan account individu sebagai kontrol atas unsur asset, liabilities dan equity tertentu ini disebut “Subsidiary Ledgers”.

Account biaya dan pendapatan hakekatnya merupakan bagian dari account equity yang

Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu.

Sumber: Hertanto, Ari Wahyudi, Aspek-Aspek Hukum Dalam Praktek Bisnis, Cetakan Pertama, 2010, Penerbit Rizkita.

 

Baca Selengkapnya Baca Lebih Sedikit
Scroll to Top
Open chat
1
Selamat datang di D-LEAD ada yang bisa kami bantu ?